Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru T.A. 2024/2025

RPL Rekognisi Pembelajaran Lampau

( Alih Jenjang )

Jalur Seleksi RPL adalah jalur seleksi bagi calon mahasiswa baru yang berasal dari lulusan Diploma III yang ingin melanjutkan ke jenjang Sarjana Terapan (dulu Diploma IV) dan Sarjana Terapan (D-IV) ke jenjang Profesi di Poltekkes Kemenkes Palangka Raya.

Poltekkes Kemenkes Palangka Raya membuka jalur Pendaftaran RPL Transfer SKS dengan masa studi  selama 2 semester (1 Tahun).

Program Studi

Prodi yang dibuka pada Jalur RPL
Rp 500
000
Biaya Pendaftaran
  • Sarjana Terapan Keperawatan (B)
  • Sarjana Terapan Kebidanan (Baik Sekali)
  • Sarjana Terapan Gizi & Dietetika (Unggul)
  • Pendidikan Profesi Bidan (Baik Sekali)

Syarat Pendaftaran

RPL Sarjana Terapan : Lulus pendidikan D3 dibuktikan dengan Ijazah atau transkrip nilai

RPL Pendidikan Profesi Bidan : Lulus Pendidikan D4/STr. Kebidanan dibuktikan dengan Ijazah atau Transkrip Nilai

Berkas Pendaftaran

  1. Pas Photo 4×6 hitam putih 5 lembar, 3×4 berwarna 2 lembar. (Latar Warna Bebas & Baju Bebas Rapi berkerah)
  2. 1 lembar Print (cetak) Kartu Peserta Ujian dan Formulir Pendaftaran Online yang telah diisi.
  3. 1 lembar Slip Asli/print bukti pembayaran pendaftaran
  4. 1 lembar Fotocopy KTP dan KK
  5. 1 lembar legalisir Ijazah & Transkrip Nilai Diploma III atau D-IV / S.Tr / S1 atau Surat Keterangan Lulus bagi yang belum memiliki Ijazah dan Transkrip
  6. 1 lembar Fotocopy piagam akreditasi program studi (jika lulusan Poltekkes Palangka Raya tidak perlu dilampirkan)
  7. Surat Keterangan Pengalaman Kerja (jika telah bekerja, jika tidak bekerja tidak perlu dilampirkan)
  8. Surat Keterangan persetujuan mengikuti pendidikan dari pimpinan unit kerja (jika telah bekerja,  jika tidak bekerja tidak perlu dilampirkan)
  9. Surat Keterangan persetujuan mengikuti pendidikan dari suami/istri bagi yang sudah menikah (ttd diatas materai)
  10. Surat keterangan tugas belajar/ ijin belajar bagi peserta dari Instansi tempat bekerja (jika telah bekerja,  jika tidak bekerja tidak perlu dilampirkan)
  11. Surat pernyataan yang ditandatangi di atas materai.
  12. Fotocopy piagam/sertifikat pelatihan dan/atau pendidikan lain in-service yang dilegalisir pimpinan institusi pada tingkat kabupaten, provinsi, nasional, atau internasional. (jika ada)
  13. Surat Keterangan kesehatan dari dokter pemerintah (rumah sakit pemerintah, puskesmas) meliputi Tinggi Badan (TB), tidak buta warna.
  14. Cetak Data Mahasiswa ybs di Halaman PDDIKTI yang menyatakan Lulus dari Perguruan Tinggi Asal https://pddikti.kemdikbud.go.id/data_mahasiswa (jika lulusan Poltekkes Palangka Raya tidak perlu dilampirkan).

File Word berikut silahkan diunduh/download kemudian diisi dengan DIKETIK kemudian di cetak

Semua Berkas Pendaftaran disusun sesuai urutan dan dimasukkan ke dalam map yang sudah ditempel Sampul di depan map. 

  • Map Biru : Kebidanan
  • Map Merah: Gizi
  • Map Kuning : Keperawatan

Berkas yang telah lengkap dapat diantarkan langsung (boleh diwakilkan) atau dikirimkan menggunakan ekspedisi/kurir/travel pada alamat:

SEKRETARIAT PANITIA SIPENMARU  –  RUANG ADAK-PSI

POLTEKKES KEMENKES PALANGKA RAYA

Gedung Direktorat Lt.2
Jl. G. Obos No. 30 Palangka Raya 73111

Kalimantan Tengah – Indonesia

Catatan:

Penerimaan berkas yang diantar ke loket ADAK dilaksanakan pada setiap Jam & Hari Kerja, 

Senin – Kamis
08:00 – 12:00 WIB | 14.00 – 15.00 WIB

Jum’at
08:00 – 10:30 WIB | 14.00 – 15.00 WIB

Bagi yang menggunakan ekspedisi/kurir/travel bisa dititipkan di Pos Security setiap hari.

Jadwal Seleksi RPL

*DIPERPANJANG

NOKEGIATANWAKTU
1Pendaftaran Online RPL20 Jan s/d 30 Juni  2024
2Batas Pengumpulan Berkas30 Juni  2024
3Ujian Online RPL *di tempat masing-masing1 Juli 2024
4Pengumuman Hasil Ujian CBT RPL3 Juli  2024
5Daftar Ulang & Pembayaran SPP4 – 6 Juli 2024

Catatan: *Jadwal dapat berubah sewaktu-waktu

Langkah Pendaftaran & Pembayaran

  1. Buat Akun di sipenmaru.polkesraya.ac.id,  pilih jalur pendaftaran RPL dan lengkapi data Pendaftar
  2. Untuk Nilai Akhir Asesmen dikosongkan saja.
  3. Untuk Silabus tidak perlu di upload, lewati saja
  4. Bagi Ijazah dan Transkrip yang belum ada, pada upload Ijazah dan Transkrip dapat mengupload SKL.
  5. Simpan ID Pendaftar dan Password, bisa di lihat pada email yang didaftarkan.
  6. Selesaikan pembayaran pendaftaran :
    • Transfer Rp 500.000,- menggunakan virtual account yang tertera pada masing-masing akun pendaftar
    • PERHATIAN! : jika lewat BSI Mobile jangan lupa dihilangkan 1102 nya, jika lewat mbanking bank lain jangan lupa tambahkan angka 900 didepan va dan pakai Transfer Online biasa, jangan pakai BI FAST
    • Cara Pembayaran Virtual Account BSI
    • Cara Pembayaran Virtual Account Shopee
  7. Tunggu sekitar 10-30 menit untuk pembayaran agar status Lunas berubah otomatis, kemudian Login menggunakan ID Pendaftar dan Password.
  8. Lengkapi :
    • Biodata Pendaftar,
    • Data Nilai Transkrip, Jika tidak ada kode mata kuliahnya bisa diisi nomor urut
    • Pas Foto
    • Cetak Formulir Pendaftaran dan Kartu Peserta Ujian
    • lengkapi berkas dan kumpulkan berkas.
  9. Mengikuti Ujian Computer Based Test (CBT) sesuai jadwal dan lokasi yang tertera di Kartu Ujian Peserta
  10. Jika lulus mendaftar biaya Daftar Ulang

Biaya SPP / UKT

Biaya UKT Polkesraya T.A. 2024/2025

Pertanyaan?

Click to chat
WA Helpdesk SIPENMARU khusus Polkesraya

Senin – Jumat | 08:00 – 16:00 WIB

Lokasi

Informasi

SEKRETARIAT PANITIA SIPENMARU
RUANG ADAK-PSI

POLTEKKES KEMENKES PALANGKA RAYA

Gedung Direktorat Lt.2
Jl. G. Obos No. 30 Palangka Raya 73111

Kalimantan Tengah – Indonesia

Loading